Meminum Darah Ular Kobra Menurut Islam

Penanya : Eva Sarina

mau tanya... 
ada seseorang divonis suatu penyakit.. dan dokter menyarankan utk meminum darah ular segar dan empedunya dg cara,,,
ular di sembelih ditempat,lalu diambil darah dan empedunya.. langsung diminum..
dlm jangka 6bulan meminum darah ular kobra 4x.. 
dan penyakit sdh sembuh.. apakah orang yg meminum darah ular kobra itu berdosa besar dan haram bahwa ular itu termasuk binatang haram..
mhn penjelasannya... mksh

Jawab :
Arqom Hidayatullah

Ada 2 hal yg jelas mengharamkan dan ada yg menghalalkan krn terpaksa.
1. makan daging atau darah ular hukumnya haram. Walau pun tujuannya untuk berobat atau mencari kesembuhan. Sebab tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya. Dan obat itu sudah diturunkan Allah SWT beserta dengan turunnya penyakit. Tugas kita adalah menemukan obat yang telah Allah SWT turunkan. Bukan menggunakan obat yang diharakamkan.
Bahkan ada hadits yang justru menyebutkan bahwa bila sesuatu makanan itu haram, maka pasti bukan obat. Karena Allah SWT tidak pernah menjadikan obat dari sesuatu yang hukumnya haram.
”Sesungguhnya Allah tidak menjadikan obat bagimu pada apa-apa yang diharamkankan Allah atasmu.” (HR Bukhari dan Baihaqi).
Maka semakin jelas menurut pendapat ini bahwa makan daging ular atau minum darahnya bukanlah sebuah upaya penyembuhan yang benar.
2. Dalam hukum syariat, ada kaidah bahwa sesuatu yang dharurat itu bisa menghalakan sesuatu yang dilarang. Ad-Dharuratu tubihul mahdzurat. Selain itu Allah SWT telah berfirman:




Dan barangsiapa yang terpaksa pada (waktu) kelaparan dengan tidak sengaja untuk berbuat dosa, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Belas-kasih. (QS. Al-Maidah: 3)
Allah telah menerangkan kepadamu apa-apa yang Ia telah haramkan atas kamu, kecuali kamu dalam keadaan terpaksa." (QS. Al-An'am: 119)
Namun mereka sepakat dalammenetapkan syarat-syarat yang harus terpenuhi.
Dan apa bila sudah sembuh harus di hindari jgn dijadikan kebiasaan. .

Link Diskusi

Title : Meminum Darah Ular Kobra Menurut Islam
Description : Penanya : Eva Sarina mau tanya...  ada seseorang divonis suatu penyakit.. dan dokter menyarankan utk meminum darah ular segar dan em...

0 Response to "Meminum Darah Ular Kobra Menurut Islam"

Post a Comment