Mandi Wiladah Dalam Islam

Penanya : Faa Liyn
Bagaimana hukum nya mandi wiladah dan bagaimana penjelasan tentang mandi tersebut apakah bisa digabungkan dengan mandi nifas?
‪#‎iki‬ bab nganu.... Melahirkan. Hikz

Jawab:
Lie Kha
Mandi wiladah ada 2 pendapat, , Ini yg saya punya Catatan nya, itu ada 2 alasan yg diterangkan dalam kitab kifayatul akhyar juz 1 hal 32 cet.dar el fikr:

1. Wiladah adalah suatu hal yg dimungkinkan didalamnya terjadi keluar darah ,dan hukum (juga) berkaitan dengan hal2 yg didalamnya ada potensi terjadinya hal yg dihukumi , tidakkah kita ketahui bahwa tidur membatalkan wudlu sebab tidur adalah sesuatu yg didalamnya ada potensi terjadinya hadats?

2. Ini alasan yg diutarakan mayoritas ulama: Bahwa anak yg dilahirkan adalah mani yg sudah terbentuk(mafhumnya: keluar mani kan wajib mandi)

كفاية الأخيار ج ١ ص ٣٢ مطبعة دار الفكر لبنان 
وفى الأسباب الموجبة للغسل الولادة ، وله علتان؛
إحداهما : أن الولادة مظنة خروج الدم ،والحكم يتعلق بالمظانّ ألا ترى أن النوم ينقض الوضوء لأنه مظنة الحدث؟
والعلة الثانية : وهي التى قالها الجمهور أن الولد منيّ منعقد،




Itu landasannya qiyas, jadi haditsnya ngikut hadits-nya tidur membatalkan wudlu untuk alasan yg pertama, dan haditsnya keluar mani untuk alasan yg kedua...

Link Diskusi

Title : Mandi Wiladah Dalam Islam
Description : Penanya : Faa Liyn Bagaimana hukum nya mandi wiladah dan bagaimana penjelasan tentang mandi tersebut apakah bisa digabungkan dengan mandi...

0 Response to "Mandi Wiladah Dalam Islam"

Post a Comment